Urus Paspor di Kanim Belawan, Tak Perlu Isi Formulir dan Fotokopi Berkas Persyaratan

Medan – Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan meluncurkan berbagai inovasi. Salah satunya, masyarakat yang hendak mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan tidak perlu lagi repot-repot mengisi formulir pendaftaran permohonan paspor RI. Tidak sampai disitu, masyarakat juga tidak perlu melampirkan berkas foto kopi KTP, KK, akte kelahiran/ijazah/surat kawin bagi yang sudah menikah dan atau surat baptis.

Muhammad Yusuf, warga Jalan Cirebon Belawan, mengakui pelayanan terhadap masyarakat yang ada di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan sudah lebih baik dari beberapa tahun lalu saat dirinya pertama kali mengurus paspor di kantor tersebut.

“Pelayanan disini sudah lebih baik. Jauh dari pelayanan yang saya rasakan beberapa tahun lalu. Terkesan sumpek dan kumuh. Sekarang, kita merasakan lebih enak dan sejuk. Pelayanannya juga cepat,” kata Yusuf.

Pujian tersebut, sepertinya bukan tanpa alasan. Pria yang mengaku ingin membawa anaknya liburan ke luar negeri tersebut bercerita bahwa, saat tiba di kantor tersebut ianya langsung disambut duta layanan imigrasi dengan ramah dan baik.

“Kita disambut dengan baik. Mereka langsung menanyakan keperluan kita dan mengarahkan ke petugas di meja check in antrian paspor. Kalau ada yang perlu dipertanyakan lebih jauh, duta layanan itu mengarahkan kepada petugas customer service,” bilang Yusuf.

Di meja check in, kata dia, ternyata petugas juga memberikan free parking kepada masyarakat yang mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan. Free parking adalah bebas parkir kepada masyarakat yang memarkirkan kendaraannya, baik roda dua maupun roda empat di samping Restaurant Marina Seafood.

“Selain memberikan free parking, kita juga tidak diminta untuk mengisi formulir. Sebab, katanya formulir akan diisi petugas wawancara. Begitu juga untuk berkas fotokopi yang harusnya kita bawa dari rumah, ternyata tidak perlu lagi. Mereka yang akan memfoto kopinya,” tambah Yusuf.

Selama menunggu antrian, Yusuf melihat Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan menyediakan booth minuman yang dapat dinikmati dan sejumlah buku yang dapat dibaca. Hal itu sepertinya untuk mengisi kekosongan waktu sembari menunggu dipanggil.

“Antriannya pun tidak terlalu lama. Jadi tidak ada rasa bosan. Tidak ada tumpukan orang yang menunggu. Kayak pelayanan di Bank lah kita rasakan,” bilang dia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan, Berthi Mustika, menerangkan, inovasi yang mereka terapkan tersebut menindaklanjuti apa yang telah dilakukan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan sebelumnya, Samuel Toba dalam meningkatkan inovasi kepada masyarakat yang hendak mengurus paspor di kantor tersebut. Pihaknya sengaja mengadopsi pelayanan yang diberikan petugas bank di kantor tersebut.

“Kan abang pernah ke Bank-kan. Coba lihat, enak gak kita disana. Gak perlu kita sibuk fotokopi berkas dan isi formulir. Semua diambil alih petugas, lebih gampang dan simple kan bang. Ini yang coba kita tiru,” urai Berthi didampingi Kasi Insarkom, Jusuf Ginting.

Sementara untuk free parking, kata Berthi, mulai diberlakukan sejak awal Maret 2020 kemarin. Inovasi untuk free parking merupakan kerjasama dengan Puskoppal TNI AL. Dimana, mereka bersedia menyediakan lahan untuk parkir para pemohon paspor di Kanim Kelas II TPI Belawan.

“Kita bekerja sama dengan Puskoppal TNI AL untuk menyediakan lahan parkir bagi pemohon paspor di Kanim Kelas II TPI Belawan,” tambahnya. @